Cara Mendapatkan Alamat Gambar (Image Address) di Internet

Alamat gambar, atau image address itu apa sih, memangnya gambar punya alamat? Tentu dong, semua gambar di internet punya alamat yang nanti akan sangat berguna saat kita hendak membuat kode HTML gambar. Biar mudah memahami, sebelum membaca artikel ini, coba baca dulu posting saya tentang Cara Membuat Gambar dengan Link di Blog Kita. Saat membuat HTML gambar, kan ada link sumber gambar yang harus kita isi, nah di sinilah pentingnya kita mendapatkan alamat gambar agar bisa diposting sesuai tujuan kita.

Sebenarnya, semua gambar yang kita posting di internet, otomatis punya image address, termasuk di media sosial. Bahkan juga di media sosial yang bukan punya kita. Contohnya, ini saya screen shoot postingan penerbit Indiva.


Kalau kita melakukan klik kanan di gambar tersebut, akan muncul box yang berisi 7 baris tulisan. Tulisan Copy Image Address, jika kita klik lalu kita copas di tempat lain, akan memunculkan link atau URL dari alamat gambar kita di internet.

Jadi, mudah banget kan, mendapatkan link alamat gambar kita? Pada prinsipnya, semua gambar di internet memiliki alamat gambar. Tetapi, masalahnya, kadang kita ingin mengupload gambar langsung di blog kita, tanpa upload dulu di tempat lain. Terlebih, jika kita mengambil alamat gambar dari akun orang lain, sangat mungkin gambar tersebut dihapus oleh pemilik akun, sehingga kita kehilangan gambar tersebut yang berefek pada errornya postingan gambar kita. Kita juga bisa digugat permasalahan hak cipta dari gambar tersebut. Kan repot.

Enaknya, memang pakai koleksi gambar kita sendiri. Kalau di Worpress, gambar bisa kita unggah terlebih dahulu di Library, tetapi di Blogspot tidak ada library-nya. Bagaimana, dong?

Ada beberapa cara. Pertama, kita bisa membuat draft posting, gambar diunggah di posting tersebut dan tak perlu dipublikasikan. Meskipun baru draft yang tidak dipublikasikan, gambar kita sudah mendapatkan URL yang bisa kita pakai sebagai alamat gambar.

Cara kedua, bisa memanfaatkan Google Photo. Sebenarnya Google Photo ini mirip dengan library di Wordpress, hanya saja penyimpanannya tidak di Blogspot, tetapi di akun Google kita.  Caranya, buka https://photos.google.com/, lalu upload foto atau gambar kita di sana. Nanti otomatis akan mendapatkan alamat image yang kita butuhkan. 

Gampang sekali, bukan?

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Alamat Gambar (Image Address) di Internet"