Psikologi Kebahagiaan: Konsepsi dan Tips Raih Kebahagiaan Menurut Psikologi Positif

Cover Buku Psikologi Kebahagiaan

Alhamdulillah, di awal tahun 2023, buku saya terbit, buku ke-68 yang saya tulis sejak tahun 2001. Jika saya mentargetkan menulis 100 buku seumur hidup, maka PR saya tinggal (atau masih?) 32 judul buku lagi. Sebuah angka yang semestinya tidak boleh saya sikapi dengan bersantai-santai. Permasalahannya, kian bertambah usia, tampaknya produktivitas saya semakin menurun. Beberapa tahun terakhir ini, saya menulis buku hanya sekali dalam setahun. Tahun 2022, hanya satu buku yang terbit, yakni novel De Hoop Eiland.  Tahun 2021 saya malah tidak menerbitkan satu buku pun. Ini tentu menjadi warning serius buat saya.

Buku ke-68 ini berjudul: PSIKOLOGI KEBAHAGIAAN. Ada beberapa keistimewaan dari buku ini yang membedakan dengan karya-karya saya yang lain. Pertama, buku ini saya tulis bersama dosen saya di Magister Psikologi UMS, Prof. Taufik Kasturi, S.Psi, M.Si, PhD. Beliau adalah Guru Besar di bidang Ilmu Psikologi, sekaligus Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Beliau menyelesaikan PhD-nya di Tilburg University, Belanda. Karya ilmiahnya sudah banyak dimuat di jurnal-jurnal ilmiah terindeks Scopus. Maka, saya merasa sangat terhormat karena bisa bersanding dengan beliau di buku ini.

Kedua, untuk pertama kali saya menulis buku ilmiah, lucunya di saat saya masih belum mendapatkan titel M.Psi, hehe ... tapi jangan khawatir, insyaAllah sebentar lagi saya ujian tesis. Doakan lancar dan sukses, ya. Doakan juga bisa mendapatkan kesempatan dan rezeki untuk bisa melanjutkan jenjang S3 di bidang keilmuan yang linier. 

Ketiga, karena buku ini bersifat ilmiah, saya memutuskan untuk memakai nama asli: Yeni Mulati. Sebenarnya, saya sudah sering menggunakan nama asli, terutama saat menulis artikel-artikel opini di media. Meskipun buku ini ilmiah, tetap bisa dipahami oleh orang awam, karena sebisa mungkin kami mencoba menyederhanakan bahasa dan istilah-istilah yang dipakai, agar tidak terlalu rumit.

Keempat, buku ini menggunakan pendekatan Psikologi Positif. Pendekatan ini merupakan terbaru di Psikologi, yang berfokus pada optimalisasi kekuatan-kekuatan yang ada pada diri seseorang untuk bisa mengerjakan apa-apa yang menjadi kewajibannya, menghadapi berbagai tantangan kehidupan, dan mengembangkan optimisme dan emosi-emosi positif lainnya.

Semua orang tentu ingin menjadi bahagia. Akan tetapi, konsepsi kebahagiaan yang keliru, bisa membuat orang terjebak pada fatamorgana. Buku ini ditulis oleh Prof. Taufik Kasturi, S.Psi, M.Si, PhD saat ini menjabat sebagai dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Yeni Mulati atau Afifah Afra, yang saat ini masih menempuh studi di Magister Psikologi kampus tersebut. Buku yang merupakan kolaborasi dosen dan mahasiswa ini sangat istimewa, karena meskipun ditulis secara ilmiah, namun sangat bisa dipahami oleh masyarakat umum. Psikologi membantu masyarakat untuk bisa mengoptimalkan kualitas hidupnya. Buku ini, semoga bisa membuktikannya.

Endorsement

Berikut ini adalah endorsement atau dukungan para pakar untuk buku ini:

Beragam pemikiran dan wawasan seputar Kebahagiaan dari para filosof besar Yunani Purba, ulama-ulama cemerlang dan ahli psikologi kondang kaliber dunia menjadi mudah dipahami dengan membaca "Psikologi Kebahagiaan" karya Taufik Kastudi dan Yeni Mulati yang dikemas cantik menarik dengan contoh kisah-kisah unik menggelitik. In syaa Allah anda akan bahagia membacanya. 
(Drs. H.D. Bastaman, M.Si, Psikolog, Tokoh Pendiri Asosiasi Psikologi Islam).

Buku ini membahas tentang kebahagiaan dari berbagai macam perspektif teoritis yang ada di dalam Hasanah psikologi. Lebih dari itu buku ini juga melengkapi pembahasan tentang kebahagiaan ini dari Hasanah Islam klasik. Bagi yang ingin belajar tentang apa itu kebahagiaan dan bagaimana cara mendapatkannya maka buku ini bisa dijadikan referensi. 
(Dr. Bagus Riyono, MA, Psikolog, President International Association of Muslim Psychologist - IAMP).

Kebahagiaan menjadi bagian penting untuk mendeteksi kesehatan paripurna seseorang. Kajian kebahagiaan perspektif Psikologi Islam selain hal baru dalam khasanah literatur Psikologi Indonesia, sekaligus bisa menginspirasi peneliti untuk membuktikan berbagai tesis yg diunggahkan dalam buku ini. 
(Dr. Andik Matulessy, Psikolog, Ketua Umum HIMPSI).

Info Buku

Judul: Psikologi Kebahagiaan
Penulis: Prof. Taufik Kasturi, S.Psi, M.Si, PhD & Yeni Mulati (Afifah Afra)
Penerbit: Indiva Media Kreasi
Ukuran: 15 x 23 cm
Halaman: 168 hal
Kertas: HVS
Cover: Soft Cover, Emboss, Glossy
Harga: Rp 65.0000

Buku bisa diorder di SHOPEE atau bisa ke wa.me/6281904715588

Posting Komentar untuk "Psikologi Kebahagiaan: Konsepsi dan Tips Raih Kebahagiaan Menurut Psikologi Positif"