Cara Membuat Blog dengan Blogspot (Blogger) Untuk Pemula


Memiliki blog tentu mengasyikkan, karena bisa menjadi semacam cara untuk berekspresi. Dengan blog, kita bisa nulis sebanyak mungkin, tanpa terganggu oleh komentar orang. Agak berbeda dengan ketika kita menulis di media sosial, ketika menulis blog, jelas-jelas kita sedang berada di ruang kita sendiri. Orang memang boleh masuk, tetapi tentu dengan aturan yang kita buat. 

Bisa dianalogikan, ketika berada di medsos, kita ibaratnya sedang berada di sebuah pesta, di mana jatah kita hanya sekadar tempat duduk. Kita tentu tak boleh teriak-teriak, nyanyi-nyanyi atau ngomel-ngomel kan, saat berada di tempat seperti itu? Beda halnya dengan ketika kita menyewa sebuah kamar hotel. Kita bebas melakukan apa saja di sana, selain membakar hotel atau berbuat kriminal, haha.... Analogi ini bisa ditujukan dengan sebuah blog.

Saya sendiri bukan seorang "mastah", bahasa slank dari master, alias ahli dalam masalah blog atau website. Meski saya sudah ngeblog sejak tahun 2009 (berarti sudah 12 tahun), tetap saja pengetahuan saya tentang ngeblog masih dangkal. Tetapi, saya terusik untuk menulis artikel ini, karena ternyata banyak teman-teman saya yang belum paham sama sekali tentang masalah blog ini.

Ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk membuat blog secara gratis. Platform yang cukup populer adalah blogspot (blogger) dan wordpress. Dalam artikel ini, saya ingin berbagi tentang tips membuat blog dengan blogspot. Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

1. Buatlah Akun Gmail
Blogspot merupakan platform dari Google untuk membuat blog, yang bisa digunakan secara gratis. Jika teman-teman sudah memiliki akun gmail, otomatis bisa langsung membuat blog dengan domain blogspot.com. Hampir semua orang sekarang sudah memiliki akun gmail, karena HP android kan juga menggunakan gmail, bukan?

2. Membuat Nama Blog
Setelah memiliki akun Google (gmail), loginlah dengan akun tersebut. Setelah itu, dengan menggunakan chrome, bukalah situs www.blogger.com. Otomatis, teman-teman semua akan mendapatkan halaman semacam ini.

Apa yang harus dilakukan? Ya, pilihlah judul atau nama blogmu. Sebaiknya nama itu mudah diingat, dan menunjukkan niche blogmu. Atau, kalau mau personal juga boleh. Misal, Catatan Si Arini, Curhat Emak Rempong, Belajar Bisnis Online, Toko Buku Afra, Info Solo Raya, dan sebagainya.

Sebagai contoh, saya menuliskan: Info Jawa Tengah sebagai judul dari blog saya. Setelah diisi, klik NEXT.

3. Membuat Alamat Blog
Setelah klik NEXT, kita akan mendapatkan form seperti ini!


Artinya, kita diminta membuat alamat alias link alias URL dari blog kita. Nanti, alamat (address) itulah yang akan kita sebarkan, jadi bukan judul blog sebagaimana tercantum di point 1. Wajar, kan... ketika kita punya rumah dan kita kasih nama RUMAH BIRU, misalnya, tetap kita perlu memberikan alamat jelas bagi orang yang hendak berkunjung ke rumah kita. Bukan cuma sekadar menyebut nama rumah kita.

Alamat blog sebaiknya juga spesifik, jelas nichenya, atau personal. Tetapi juga tetap familiar alias mudah diingat. Seringkali, alamat kita tidak available, sehingga ditolak oleh sistem. Hal itu terjadi karena nama tersebut sudah dipakai orang lain. Kalau alamat yang kita tulis diterima, maka akan terlihat seperti ini.

Nah, jadi alamat/address alias URL blog baru saya adalah kabardarijateng.blogspot.com. Lho, kok pakai blogspot? Ya kan kita pakai platform gratisan, hehe. Tapi tenang, bisa kok, kita menghilangkan kata blogspot itu sehingga URL-nya tinggal kabardarijateng.com saja. Itu namanya custom domain. Kita bisa menyewa domain dot com, atau juga bisa dot net, dot co, dot org dan sebagainya, dan disetting ke blog kita. Harganya tak mahal, hanya sekitar Rp 150.000/tahun. Nanti ya, di artikel selanjutnya. 

Setelah alamat oke, silakan klik NEXT.

4. Confirm Your Display Name
Setelah klik NEXT, kita disuruh mengonfirmasi nama yang akan didisplai di blog kita. Ya udah, tidak usah pakai lama, tulis sama nama yang akan kita displai di blog kita. Lalu klik FINISH.

Tuliskan display name, lalu klik FINISH

Alamat blog kita sudah jadi, saudara-saudara! Ibarat rumah, kita sudah punya kapling dan alamat. Tetapi, kan kita perlu mulai membangun rumah kita, kan?

5. Masuk ke Dasboard Blog
Setelah klik FINISH, otomatis kita akan masuk ke dashboard atau backoffice dari blog kita. Tampilannya seperti ini, Teman-teman!

Dashboard dari Blogger

Notices di atas bisa dihilangkan dengan klik tombol X yang ada di pojok kanan atas. Di dashboard bagian kiri, ada beberapa menu.
a. NEW POST. Kalau teman-teman hendak memposting tulisan baru, bisa langsung klik menu tersebut.
b. POSTS. Berisi tentang daftar artikel yang sudah kita posting. Kita bisa mengeditnya sewaktu-waktu.
c. STATS. Berisi statistika pengunjung blog kita. Berapa yang berkunjung, apa tulisan yang dibaca, dan sebagainya.
d. COMMENTS. Berisi komentar dari pengunjung.
e. EARNINGS. Peluang mendapatkan penghasilan dari blog kita.
f. PAGES. Kalau kita ingin membuat halaman yang terpisah dengan halaman posting, bisa klik PAGES. Misal, profil, kontak, dan sebagainya.
g. LAYOUT. Untuk mengatur tata letak dari blog kita.
f. THEME. Menentukan tema atau desain dari blog kita.
g. SETTINGS. Atau setelan, berisi hal-hal pengaturan di blog kita.

Menu-menu itu akan kita bahas lebih lanjut ya. Untuk pemula, kita cukup bahas NEW POSTS dulu.

6. Mulai Posting Tulisan Baru
Agar URL kita bukan sekadar "rumah kosong", yuk mulai diisi dengan tulisan baru. Menulis artikel bisa dilakukan di form yang tersedia. Tetapi, saya anjurkan teman-teman terbiasa menulis di word saja dan disimpan di file komputer, biar punya backup. Dari word, bisa dicopas dulu ke notepad, baru dicopas ke form di blogspot. Tampilannya seperti ini.




Setelah tulisan lengkap, silakan klik PUBLISH. Nanti di dashboard, di menu POST, otomatis judul tulisan Teman-teman akan terlihat. 
Untuk melihat tampilan posting Anda di front office, silakan klik gambar mata yang ada di bagian kanan.

Nah, inilah tampilan "rumah baru" kita di dunia maya!


Masih sangat sederhana, ya, Teman-teman... Untuk menyalin URL-nya, bisa klik bagian address, yaitu: https://kabardarijateng.blogspot.com/2021/01/sapa-perdana-dari-jawa-tengah.html

Pelan-pelan deh. Nanti akan kita lanjut di tutorial berikutnya ya! Intinya blog kita sudah jadi, tinggal dioptimalkan lagi. Selamat mencoba!



Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog dengan Blogspot (Blogger) Untuk Pemula"