Kuliner Lezat Murah Meriah Di Kota Solo, Di Mana Saja?

Nasi liwet (foto: Detik Travel)

Masakan di Solo dikenal terlalu manis dan kurang enak di lidah? Kata siapa? Dahulu saya memang berasumsi begitu. Dulu, saat pertama kali menjejak kota Solo, saya khawatir lidah saya tidak cocok dengan masakan Solo. Maklum saja, meski Bapak saya asli Solo, keluarga besar Bapak juga banyak tinggal di Solo, saya lahir dan besar di Purbalingga. Masakan di Purbalingga, sebagaimana bagian dari Banyumas, dikenal lebih asin, pedas dan sama sekali tidak manis. 

Tapi, ternyata hal kekhawatiran saya sama sekali tak terjadi. Makanan di Solo enaaaak. Banyak kuliner yang khas, dan bisa diperoleh dengan harga murah. Malah sangat murah. Kalau tidak percaya, coba deh, belanja di rumah-rumah makan yang bertebaran di seluruh Solo, pasti akan takjub dengan murahnya.

Nah, mana saja rekomendasi kuliner di Kota Solo? Ada banyak, tapi karena tulisan saya ini bertepatan dengan kegiatan Muktamar ke 48 Muhammadiyah yang berlokasi di Kampus UMS dan Manahan, saya akan merekomendasikan tempat-tempat yang berlokasi di sekitar situ, ya...

1. Foodcourt Goro Assalam (Assalam Hypermart)


Pusat jajan ini berlokasi di kompleks Assalam Hypermart, atau yang dulu dikenal sebagai Goro Assalam. Kalau Sobat adalah peserta atau penggembiran Muktarmar 48, dari Kampus UMS, Sobat bisa naik bus ke arah barat, lalu turun di Goro Assalam. Jalan kaki juga tidak terlalu jauh, kok. Tidak sampai 1 km. Di kompleks ini juga terdapat Masjid Ibadurrahman yang luas dan megah. Nyaman untuk shalat maupun sekadar istirahat.

Kuliner di sini banyak macamnya. Ada juga Bebek Goreng Haji Slamet yang legendaris dan sangat khas Solo. Ada Soto Seger Mbok Giyem, Bakso Malang Keprabon, dan banyak lagi. Jajanan snack dan minuman juga lumayan lengkap.

2. Foodcourt Solo Square

Foto: solosquare.com

Solo Square adalah salah satu mall di Kota Solo, berlokasi tak terlalu jauh dari UMS, sekitar 2 km ke arah timur. Bisa menggunakan bus kota, turun di halte depan Solo Square. Foodcourt berlokasi di lantai 4 Solo Square. Bagi yang baru masuk ke lokasi tersebut, mungkin agak bingung dengan lokasinya. Terlebih, baru-baru ini ada perubahan fungsi eskalator. Dua tangga jalan yang berada di ballroom, disetting hanya untuk turun, sementara untuk naik, harus melewati tangga jalan di Matahari, salah satu anchor tenant di mall ini. Tapi jangan khawatir, kalau mau terus naik ke lantai 4, pasti ketemu kok, foodcourt berada satu lantai dengan bioskop 21.

Foodcourt ini termasuk sangat lengkap. Ada sushi, mie ayam, sate kambing, nasi padang, kopi, bakso, bebek, ayam, aneka snack, dan sebagainya. Banyak brand makanan lokal atau nasional memiliki outlet di sini. Ruangan juga full AC dan cukup nyaman. Sayangnya, di jam-jam makan, food court ini sangat ramai, dan sering tidak mendapatkan tempat duduk, khususnya saat week end. Harga sedikit lebih mahal untuk ukuran Solo, tetapi masih sangat terjangkau bagi Sobat yang biasa makan di Jakarta, kota-kota besar lainnya, ataupun luar Jawa.

Selain area foodcourt, di Solo Square juga banyak restoran dengan brand ternama, seperti KFC, Solaria, D'Cost, Starbucks, dan sebagainya. Harganya? Ya namanya restoran branded, pasti memang beda dengan outlet-outlet di foodcourt.

3. Shelter Kuliner Timur Solo Square

Tepat di timur Solo Square, yakni di Jalan Lempuyangan, Pajang, Laweyan, Solo, terdapat shelter kuliner yang menjadi pusat kuliner dengan harga terjangkau. Lokasinya cukup strategis, yakni di antara bangunan Solo Square dan kampus PGSD FKIP UNS. Dekat dengan halte bus Kerten yang juga merupakan pos kontrol terminal Tirtonadi. Nyaris semua bus yang mau keluar Solo menuju arah barat, berhenti di situ, baik bus kota maupun bus antarkota. Tetapi, jika posisi Sobat saat ini di sekitar UMS, berarti Sobat harus turun di jalan seberang Solo Square dan menyeberang Jalan Slamet Riyadi menuju lokasi tersebut.

Sederet outlet berjajar di kiri jalan, menawarkan beraneka makanan. Ada sate kambing, nasi liwet, gudhek, bakso, ayam goreng, bebek goreng, dan sebagainya. Namanya shelter PKL, tentu tata letak dan penyajian tidak sebagus di mall. Tetapi, at least, bagi saya sih cukup bersih, rasa juga lumayan, harga pun murah meriah. Sate kambing, yang biasanya seporsi bisa sampai Rp 40.000-Rp 50.000, di sana bisa dibeli hanya dengan sekitar Rp 20 ribuan. Sangat menghemat. Bisalah, sekali-kali dicoba, terlebih jika isi kantong kita agak pas-pasan, hehe.

4. Jalan Garuda Mas

Jalan utama yang membelah kampus UMS hingga berakhir di pertigaan Pondok Pesantren Assalam, bernama Jalan Garuda Mas. Sebenarnya, meskipun namanya Universitas Muhammadiyah Surakarta, lokasi kampus tersebut mayoritas berada di Sukoharjo, berbatasan dengan kota Solo atau Surakarta. Jalan Garuda Mas termasuk dalam wilayah kabupaten Sukoharjo.

Di sepanjang jalan tersebut, sangat banyak dijumpai kuliner yang lezat, dan harganya sangat ramah dengan kantong, karena memang ditargetkan untuk para mahasiswa. Beberapa kuliner yang cukup terkenal misalnya, Bakso Rudi UMS, Dapur Mpok Duren UMS, Warung Makan Amanah, Foodpedia UMS, Pasta Kangen Gaess UMS, Warung Nasi Goreng Selera, Ayam Rempah Idola, Geprek Assalam 99 UMS, dan sebagainya. 

Kalau pagi, malah ada yang menjual nasi liwet di tepi jalan. Nasi liwet adalah salah satu ikon kota Solo yang terkenal. Bagi saya, nasi liwet merupakan salah satu hidangan khas Solo paling lezat dan paling cocok dengan lidah saya. Cuma, memang nasi liwet biasanya hanya muncul pagi hari, sekitar jam 8 atau jam 9 sudah habis. Kalau sulit mencari penjual nasi liwet yang offline, Sobat bisa mencari menggunakan Go Food, Grabfood, atau Shopeefood. Praktis, kan?

5. Foodcourt Transmart Pabelan

Transmart Pabelan berlokasi di tepi jalan besar Solo-Semarang, di depan pintu gerbang UMS yang akan menuju Jalan Garuda Mas. Aneka kuliner tersaji di Foodcourt Transmart, seperti Penyetan Cok, KFC, Wendy's, Selat Viens's, dan aneka makanan lain misalnya soto khas Solo. Kalau sepengamatan saya, makanan di sana memang belum terlalu banyak, harganya juga relatif lebih tinggi dari foodcourt yang lain, tetapi karena lokasinya merupakan mall paling dekat dengan UMS, full AC, bersih dan nyaman, bolehlah, jadi alternatif.

Sebenarnya masih banyak alternatif kuliner, termasuk yang dekat UMS. Tetapi, karena keterbatasan waktu, saya susun lima dulu saja yaa.... selamat menikmati Kota Solo!

Posting Komentar untuk "Kuliner Lezat Murah Meriah Di Kota Solo, Di Mana Saja?"