Mengapa Seleb Mudah Berselingkuh?


Kita sering mendengar berita para seleb selingkuh. Berita terbaru, bahtera rumah tangga Lady Nayoan dan Rendy Kjaernett sedang diguncang prahara, gara-gara kehadiran sosok Syahnaz Sadiqah. Padahal, Syahnaz juga posisinya merupakan istri Jeje Govinda. Sebelum itu, kasus perselingkuhan Virgoun juga menjadi perbincangan publik, setelah Inara Rusli, sang istri, speak up ke publik. Sebelum itu pula, sederet panjang kasus perselingkuhan membentuk gerbong panjang yang sulit kita hitung saking banyaknya.

Oke... memang tak hanya seleb yang sering berselingkuh, masyarakat umum juga, tetapi peluang berselingkuh pada selebritis biasanya lebih besar. Barangkali, karena seleb merupakan objek pemberitaan yang "nikmat". Kasus selingkuh memang selalu menjadi berita besar. Bisa kita saksikan di media-media, hampir setiap hari berita tentang perselingkuhan para selebritis menjadi menjadi warta yang populer. Seringkali pula, seolah tanpa perasaan, berita-berita itu dianalisis dan dikuliti tanpa kenal ampun.

Sayangnya, yang dianalisis kebanyakan justru sekadar: apa, bagaimana dan di mana perselingkuhan tersebut. Maka, yang merebak di masyarakat justru sekadar cerita gosip yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk diikuti, bahkan justru bisa membentu sikap permisif masyarakat terhadap perselingkuhan. Lebih bahaya lagi, bahkan malah keinginan untuk mencontoh. “Tuh, seleb aja selingkuh, ngapain gue enggak?”

Mengapa selebritis mudah berselingkuh? Sebenarnya itulah yang perlu kita renungkan, sehingga kita bisa mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan yang mungkin membuat para selebritis tergoda untuk berselingkuh dan bagaimana cara mengantisipasi jika terjadi pada Anda.

1.       Merasa tidak puas dengan pasangannya

Banyak orang yang berselingkuh mengaku bahwa mereka ternyata tidak menemukan kepuasan baik secara emosional, psikologis, maupun secara fisik dengan pasangannya. Seringkali hal tersebut disebabkan karena terlalu cepat mengambil keputusan untuk menikahi pasangan tanpa pertimbangan yang kuat. Seringkali pula keputusan diambil karena sekadar daya tarik fisik, misal karena sang istri cantik jelita dan seksi, sementara setelah menikah, ternyata baru disadari bahwa kepribadian sang istri ternyata tidak sejelita parasnya.

Selain itu, ketidakpuasan dalam masalah hubungan intim, menurut psychologytoday.com (18/9/2012) merupakan hal yang menjadi sebab mengapa seseorang berselingkuh. Karena itu, cobalah masing-masing pasangan saling melakukan introspeksi, apakah saya sudah bisa memuaskan pasangan, baik dalam soal emosi maupun hubungan intim?

2.       Kurang memahami atau menghayati makna ikatan pernikahan

Ikatan pernikahan, atau akad nikah, sebenarnya merupakan sebuah pernyataan komitmen yang maknanya sangat luar biasa. Dalam ajaran agama, akad nikah merupakan janji suci yang mengikat dua pasang manusia untuk saling setia. Akan tetapi, di kalangan masyarakat, banyak kurang memahami dan memegang teguh  janji setia ini, sehingga enjoy saja berselingkuh tanpa menyadari risiko yang mungkin terjadi—seperti dosa, rusaknya rumah tangga, anak-anak yang jadi korban broken home dan sebagainya.

3.       Godaan fisik

Kehidupan para selebritis memang rawan dengan godaan fisik. Bisa dengan mudah kita lihat, para selebritis memamerkan keindahan fisik dengan vulgar, yang tentunya sangat menggoda kaum pria. Jika keyakinan tidak kuat, mudah sekali seorang suami dari kalangan selebritis dibuat tergelincir.

4.       Pergaulan yang terlalu bebas

Pergaulan yang terlalu bebas, berbaur antara lelaki dan perempuan yang tak ada ikatan keluarga atau pernikahan, juga sering menyebabkan cinta lokasi. Begitu indahnya cinta lokasi, masing-masing terlena dan lupa bahwa di rumah ada pasangan dan mungkin anak-anak yang sedang menanti.

5.       Kepribadian yang kurang kuat

Karakter yang tidak matang, labil, mudah baperan, juga sangat berisiko menyebabkan seorang selebritis tergelincir dalam perselingkuhan.

6.       Kurang memiliki waktu yang cukup dengan keluarga dan pasangan yang sah

Selebritis, khususnya dari kalangan artis, biasa bekerja tanpa mengenal waktu. Siang dan malam, meninggalkan keluarga berbulan-bulan, sehingga tak punya cukup waktu untuk berinteraksi dengan suami atau istri masing-masing. Kurangnya waktu, tentu akan berpengaruh terhadap kualitas hubungan mereka.

7.       Balas dendam

Ada juga pasangan selebritis yang berselingkuh sebagai balas dendam, karena pasangannya lebih dahulu berselingkuh. Hal ini membuat permasalahan menjadi semakin rumit.

Itulah beberapa alasan yang mungkin menyebabkan seorang selebritis mudah berselingkuh dengan PIL atau WIL-nya. Iman yang kuat, kepribadian yang stabil, lebih menjaga pergaulan, memberi waktu khusus untuk keluarga untuk memupuk kedekatan dan cinta kasih, serta memberikan ruang yang lebih luas untuk kehidupan spiritual seperti ibadah, akan membuat selebritis terjaga dari berbagai macam perselingkuhan.

Nyatanya, pasangan-pasangan selebritis banyak yang hidup bahagia, saling setia dan langgeng pernikahannya. Sebutlah pasangan Marissa Haque dan Ikang Fawzi, Widyawati dan almarhum Sophan Sophian, atau juga Anto Hoed dan Melly Goeslaw. Jadi, tak ada alasan seorang selebritis tak mampu menjaga keutuhan rumah tangganya, bukan? Anda sepakat?

Posting Komentar untuk "Mengapa Seleb Mudah Berselingkuh?"