Sinopsis Tetralogi De Winst, De Liefde, Da Conspiracao dan De Hoop Eiland Karya Afifah Afra



Salam karya, panjang umur literasi! 
Bagi Sobat Pembaca yang telah mengikuti perjalanan terbitnya novel-novel ini, mungkin postingan ini merupakan kabar gembira. Empat buku Tetralogi De Winst sudah lengkap! De Winst, terbit pertama tahun 2008, alhamdulillah telah dicetak ulang berkali-kali dan masih bisa didapatkan hingga saat ini. De Liefde terbit pertama kali tahun 2010, disusul Da Conspiracao (terbit pertama tahun 2012). Si bungsu De Hoop Eiland, jarak kelahirannya agak jauh dari kakak-kakaknya, karena terbit pertama kali 10 tahun kemudian, tepatnya tahun 2022.

Tak masalah, yang penting karya ini sudah lengkap, 4 buku, seperti rencana awal. Beberapa pembaca setia sudah mengontak saya untuk menulis buku kelima. Hehe... sepertinya saya butuh merenung dulu, perlukan membuat kelanjutan tetralogi ini?

Bagi teman-teman yang menyukai novel dengan genre sejarah, yuk, baca 4 novel dengan ketebalan total sekitar 2000 halaman ini. Berikut ini adalah ringkasan ceritanya.  

1. DeWinst 
Usai menamatkan sarjana ekonomi dari Universiteit Leiden, RM Rangga Puruhita kembali ke Hindia Belanda, untuk mempraktekkan ilmu yang ia miliki demi kemajuan para pribumi. Akan tetapi, berbagai hal pelik harus ia hadapi. Mulai dari ribetnya aturan kebangsawanan Keraton Surakarta, perjodohan paksa dengan Rr. Sekar Prembayun yang sulit ia lepaskan, hingga permasalahan ketidakadilan yang dialami para buruh pabrik gula yang digaji sangat rendah. Haru biru cintanya dengan Everdine Kareen Spinoza, seorang Belanda totok pun ternyata terancam kandas. 

Lantas, muncul Kresna, pemuda misterius yang mengaku kekasih Rr. Sekar Prembayun. Dengan sikapnya yang berandalan dan cenderung kurang ajar, Kresna justru memprovokasi Rangga untuk bangkit melawan imperialisme Belanda. Bersentuhan ideologis dengan Kresna dan Sekar Prembayun, ternyata justru memunculkan benih-benih simpati Rangga kepada perempuan yang telah dijodohkan dengannya sejak kecil itu.   

2. De Liefde 
Tak mudah menjalani pembuangan di sebuah negeri asing, meskipun negeri itu adalah negeri Belanda! Tempat ia pernah menyemai cita-cita menggali ilmu pengetahuan setinggi-tingginya. Sekar Prembayun tertatih-tatih menyusuri kehidupan yang jauh dari dugaannya. Termasuk harus berurusan dengan Roesmini van de Brand, seorang perempuan indo kekasih gelap seorang anggota parlemen. Tak mudah untuk tetap mempertahankan semangat juang, di saat badai menerpa dari segala penjuru. Membuat idealisme seperti barang tertawaan. 

Seperti yang dialami Everdine Kareen Spinoza, pengacara yang memperjuangkan nasib kliennya, Rinnah van de Brand yang ingin mendapatkan hak pengasuhan anaknya, meski ia hanya seorang Nyai Belanda. Sekar dan Everdine, di tengah perjuangannya melawan sistem hukum yang tak berpihak pada kaum inlander, harus pula memperjuangkan arti sebuah kesetiaan.   

3. Da Conspiracao 
Raden Mas Rangga Puruhita, pemuda terpelajar, sarjana ekonomi lulusan Leiden, ningrat Jawa, dan visioner. Ia dibuang ke Flores karena terlibat dalam gerakan melawan kekuasaan pemerintah Hindia Belanda. 

Tan Sun Nio, gadis yang jelita, cerdas, ambisius, dan terlahir dari keluarga keturunan Tionghoa yang konservatif. Ia membuang diri ke Flores karena dikhianati calon suaminya. Namun, ia justru berhasil membangun sebuah kerajaan niaga terbesar di Indonesia Timur, dan menjadi orang terkaya di Flores. 

Adapun Flores yang mereka datangi, sama-sama medan yang penuh bara. Awal abad XX, pulau itu baru beralih kekuasaan dari Portugis ke Belanda.  Bagaimana mereka menghadapi problematika yang sangat pelik di Flores?

4. De Hoop Eiland 
Merupakan pamungkas tetralogi. Berkisah tentang Sekar di yang akhirnya terdampar di Jerman dan harus berurusan dengan Nazi. Everdine , setelah terlunta-lunta akibat peristiwa pemberontakan kapal De Zeven Provincien, akhirnya justru mendarat di Maldives. Sementera, karena dianggap membuat kekacauan di Flores, Rangga pun dipindah ke Boven Digoel. 

Tetapi, ternyata mereka kemudian bertemu di Pulau Harapan (De Hoop Eiland). Ada juga peran Lelaki Samudera. Siapakah si Lelaki Samudera?

Minat pesan? 
Silakan bisa order ke toko kami di SHOPEE, silakan KLIK DI SINI.

Posting Komentar untuk "Sinopsis Tetralogi De Winst, De Liefde, Da Conspiracao dan De Hoop Eiland Karya Afifah Afra"