Review Website haveaniesday.com HUMANIES: Kreatif, Estetik, dan Jenius!



Hari ini, timeline Twitter saya diramaikan dengan berita tentang dirilisnya website milik HUMANIES, yaitu haveaniesday.com. Sebelum saya memberikan ulasan tentang website ini, mungkin pembaca ada yang belum tahu, siapa atau apa itu HUMANIES. 

Jadi begini, sekitar sebulan atau dua bulan terakhir ini, jagad Medsos kita diramaikan dengan kehadiran oleh akun @aniesbubble baik di Twitter (X), Instagram, Tiktok, dan Pinterest. Kok tidak ada di Facebook? Tahu sendirilah, Gen Z yang terdiri dari adik-adik atau anak-anak kita (auto menghela nafas, menyadari bahwa ternyata saya sudah tua, hehe), mayoritas memang tidak terlalu menyukai medsos kesayangan generasi kita ini.

Di Akun Twitter (X), @aniesbubble menuliskan bionya sebagai berikut: for indonesia’s future. @aniesbaswedan’s archive. We DO NOT support using actual idols for campaign. Supporting human artists for campaign. Akun inilah yang kemudian menggerakkan anak-anak muda Gen Z dan membentuk sebuah gerakan yang disebut sebagai HUMANIES. 

Sederhananya, HUMANIES adalah gerakan anak-anak muda, terutama Gen Z, yang mensupport Pak Anies Baswedan untuk bisa memenangkan Pilpres dan tampil sebagai presiden Indonesia. Ini menarik. Di era 2019 dulu, kita mengenal gerakan Emak-Emak Militan, yang mendukung Pak Prabowo. Sekarang, ada HUMANIES, yang mendukung Pak Anies Baswedan, bergabung dengan Emak-Emak Militan yang mungkin 90% sekarang juga berada di Barisan Anies Baswedan. 

Proyek-proyek yang digagas oleh HUMANIES disebut sebagai Olppaemi Project. Jujur, saya tidak tahu apa arti Olppaemi. Kudet banget ya, haha. Tapi, melihat paparan mereka di Media Sosial, proyek-proyek mereka menurut saya sangat keren. Di antara proyek mereka adalah membuat videotron untuk sosialisasi Pak Anies di beberapa mall di Jakarta, Bekasi, dan sejumlah tempat. Dan, kita semua tahu, drama terjadi dengan proyek videotron ini, videotron di-takedown sebelum kontrak selesai oleh pihak tertentu ... silakan cek aja beritanya di Google, hehe. 

Kemudian, HUMANIES juga mengirim Food Truck ke acara Desak Anies. Setelah Cak Imin dianggap sukses di Debat Cawapres, mereka pun memberi hadiah videotron untuk Cak Imin. Kehadiran HUMANIES membuat Pilpres ini menjadi lebih berwarna, fun, dan menyenangkan. Khususnya tentu di kubu pendukung Pak Anies Baswedan.

Lantas, hari ini, mereka merilis sebuah website: haveaniesday.com. Tampilan websitenya seperti ini:

Tampilan haveaniesday.com

Pertama kali membuka website ini, saya membuka lewat laptop. Ternyata websitenya tidak responsif, sehingga tampilannya tampak kurang proporsional. Awalnya saya agak mengernyitkan kening. Tetapi kemudian saya tersadar. Website ini memang ditujukan untuk Gen Z, yang cenderung lebih suka menggunakan smartphone dibandingkan personal computer. Maka, saya pun membuka HP. Dan, wooow! Terlihat jauh lebih keren.

Tampilan di PC

Saya pun tertarik untuk memberi sedikit review. Sekadar disclaimer, saya bukan ahli dalam masalah perwebsite-an. Meski telah ngeblog sejak 2009, saya sama sekali tidak mengerti apa itu coding, Javascript, PHP, bagaimana memprogram website, dan sebagainya. Saya cuma bisa sedikit ngedit-ngedit html. Bikin website pun masih modal menggunakan template yang sudah ada, xixixi. Tapi, boleh kan ya, saya sedikit memberikan beberapa review tentang website ini?

Kesan saya tentang website ini: kreatif, estetik, jenius! Ilustrasi di website ini menggunakan warna-warna yang jelas, dengan beberapa ekor kucing yang sedang bermain-main. Rata-rata Gen Z penyuka kucing. Secara psikologis, ini menarik. Apalagi, Pak Anies pun ternyata juga memiliki beberapa ekor kucing, bahkan punya akun sendiri di Instagram, kalau tidak salah @pawswedan yang fokus mengisahkan kucing-kucing beliau sekeluarga. Ini pintu masuk yang bagus untuk Gen Z. Selain kucing-kucing, ada juga gambar-gambar lain yang ternyata merupakan ikon yang jika diklik, setiap gambar akan mengarah pada penjelasan yang cukup singkat namun efektif tentang biodata, capaian prestasi, serta visi dan misi AMIN. 

Bagaimana cara mengoptimalkan website ini? Klik dulu gambar lampu di ujung atas kiri (yang lampu kecil), maka web akan menyala. Klik juga tombol speaker di samping lampu, maka akan terdengar musik yang lembut. Lalu, silakan berselancar dengan mengklik satu persatu gambar yang menyala, dan akan mendapatkan penjelasan tentang visi dan misi AMIN, serta berbagai hal-ikhwal tentang Pak Anies Baswedan. Gambar berikut di bawah ini memperlihatkan sebagian ikon yang ada di website tersebut.


Visi dan misi tersebut juga didesain dengan tulisan dan gaya ilustrasi ala anak muda yang cukup unik, menarik dan kreatif. Huruf-huruf di judul cukup jelas, menonjol, dengan warna yang disesuaikan dengan temanya. Meski tulisan di narasinya terlihat terlalu kecil, tetapi jangan khawatir, tulisan tersebut bisa di-zoom sehingga tampak lebih jelas. 

Contohnya tampilannya adalah seperti ini:


Hampir semua visi dan misi AMIN bisa didapatkan di website tersebut. Hanya sayangnya, visi dan misi tersebut tampaknya masih sekadar dipindahkan ke website ini dan belum diolah dalam bahasa yang lebih "gaul" khas anak muda. 

Akan lebih bagus lagi jika setiap visi dan misi, ada audio yang membaca visi dan misi itu sehingga lebih enak disimak. Tahu sendiri, kan, banyak di antara kita yang kadang malas baca, lebih enak membaca dengan menyimak orang bersuara. Ya, wajar sih ... tampaknya HUMANIES harus berkejar-kejaran dengan deadline, karena Pilpres sudah semakin dekat. 

Secara umum, website ini bagus sekali, kreatif, dan cocok dengan style Gen Z yang memang cenderung lebih suka dengan aspek-aspek visual. Saya membayangkan, kemampuan semacam ini akan bisa dikembangkan untuk hal-hal yang lebih luas lagi, semacam pembuatan buku-buku digital yang interaktif dan penuh dengan visualisasi yang menarik. Selama ini, buku digital yang berkembang di Indonesia, sebenarnya baru buku cetak (PDF atau ePub edisi paling dasar) yang diformat digital, belum benar-benar sebuah buku digital. Jika buku-buku kita kelak modelnya sekeren ini, pasti minat baca dan belajar bangsa ini akan semakin meningkat. 

Donasi Cendol

Oya, mau kirim donasi? Isi dong dompet anak-anak muda keren kita ini dengan traktiran cendol. Ya, mereka mengistilahkan donasi untuk maintenance dan pengembangan website ini dengan 'traktiran cendol'. Jangan khawatir, 1 cendol cuma Rp 5000, bisa dikirim via Gopay. 

Cara mentraktik cendol, klik tulisan From Humanies to Pak Anies. Nanti akan ada sejumlah informasi para kru Humanies yang terlibat dalam pembuatan website tersebut. Nah, di bagian paling bawah ada gambar dompet kosong. Klik saja, dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Ayo support anak-anak muda ini untuk terus berkarya.

1 komentar untuk "Review Website haveaniesday.com HUMANIES: Kreatif, Estetik, dan Jenius!"

Comment Author Avatar
Bagus websitenya, tapi semalam sempat gak bisa dibuka, kenapa, ya?

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!