Tutorial Buku Digital dengan Canva, Praktis, Mudah, dan Indah


Saat ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat. Segala sesuatu yang dulu terasa begitu sulit, sekarang menjadi lebih praktis, mudah, sekaligus indah. Salah satunya adalah membuat buku digital. Sebagai disclaimer, saya menulis artikel ini bukan berarti saya jago dalam pembuatan buku digital, lho, ya. Saya hanya ingin sekadar berbagi cara membuat buku digital dengan aplikasi yang sudah banyak dipakai kita semua: Canva. Yup, dua tahun terakhir ini, saya sangat terbantu dengan adanya Canva, terutama tentu Canva Premium, yang fitur-fiturnya lebih banyak dan lengkap.

Membuat buku digital ternyata bisa dilakukan dengan Canva. Mau tahu caranya?

Pertama, tentu kita harus membuat dahulu layout buku dengan Canva. Untuk praktek sederhana, kita bisa mencoba dengan membuat presentasi menggunakan Canva. Misal, saya akan mencoba menjadikan presentasi saya ini menjadi sebuah buku digital.


Tangkapan layar di atas adalah Canva versi web, bukan aplikasi di HP. Mata saya yang sudah lelah, tak terbiasa menggunakan Canva versi smartphone. Untuk membuka canva web, cukup buka www.canva.com ya. 

Nah, di gambar tersebut, tampak bahwa saya memiliki presentasi dengan judul MENULIS NOVEL terdiri dari 24 halaman. 

Kedua, klik tulisan BAGIKAN yang ada di sudut atas paling kanan. Lalu akan muncul seperti ini:


Lalu klik titik tiga yang ada di paling bawah, saya lingkari merah. 

Ketiga, scrol terus ke bawah sampai bertemu tulisan Heyzine Flipbooks seperti di bawah ini.


Yup, benar sekali, memang saya akan menggunakan tools dari Heyzine untuk membuat Flipbooks yang meskipun sederhana, ternyata sangat asyik dipakai. Heyzine Flipbooks ini merupakan tools yang disediakan oleh Canva, jadi relatif sangat mudah memakainya.

Keempat, silakan klik tulisan Heyzine Flipbooks. Selanjutnya akan keluar gambar seperti ini. Silakan pilih gambar yang mau dijadikan Flipbooks, atau bisa semua diklik jika memang semua mau dijadikan buku. Lalu klik SELESAI.


Kelima, setelah klik tulisan SELESAI, maka akan muncul gambar seperti ini. Klik tulisan SIMPAN.


Keenam, setelah klik simpan, maka akan muncul seperti ini. Biarkan terus sampai semua garis berwarna ungu, atau full 100%.


Ketujuh, setelah desain selesai disiapkan, maka akan muncul tulisan yang menunjukkan bahwa proses pembuatan Flipbooks telah selesai.


Bagaimana cara melihat Flipbooks yang kita buat? Silakan klik tulisan: Lihat di Heyzine Flipbooks. Lalu kita akan diarahkan pada website Heyzine.com sebagai berikut:


Tunggu sampai proses selesai, sehingga akan muncul penampakan seperti ini.


Silakan register, bisa menggunakan akun Google kita untuk lebih mudahnya. Nanti, kita bisa melihat hasil Flipbooks kita di dashboard Heyzine kita. Silakan klik kanan dan pilih share untuk mendapatkan link atau URL dari Flipbooks yang kita buat tadi.

Inilah link dari Flipbooks saya di atas. Ayo cek! https://heyzine.com/flip-book/6251c1209e.html 
Bisa dibuka menggunakan Smartphone atau Laptop kita. Begini previewnya.


Untuk membuka halaman, silakan klik panah di kanan kiri Flipbooks kita. Nah, mudah kan, membuat Flipbooks? Ayo kita coba!

Posting Komentar untuk "Tutorial Buku Digital dengan Canva, Praktis, Mudah, dan Indah"